SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
1.Contoh Aplikasi SIM Real diinstansi atau Perusahaan :
- Transaction Processing Systems
- Process Control Systems
- Office Automation Systems
- Information Reporting Systems
- Decision Support Systems
- Executive Information Systems
- Process Control Systems
- Office Automation Systems
- Information Reporting Systems
- Decision Support Systems
- Executive Information Systems
2.Mengapa di buat Aplikasi di Instansi tersebut :
- Transaction Processing Systems
Transaction Processing Systems (TPS) Sistem informasi komputerisasi yang
dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk
transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi
- Process Control Systems
digunakan untuk pengontrolan besaran-besaran proses (flow, temperature, pressure, level, etc)Implementasi dari PCS biasanya dengan menggunakan DCS (Distributed Control System). Contoh merek2 DCS yang cukup populer adalah: Yokogawa Centum, Foxboro I/A, Honeywell Experion/TPS/TDC, Siemens S7/PCS7, etc
- Office Automation Systems
Tujuan
dari OAS ini adalah mengurangi penggunaan kertas (paperless),
peningkatan kecepatan, ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan
produktivitas kerja. Untuk mencapai tujuan OAS digunakan penggabungan berbagai
teknologi IT (teknologi komputer dan internet).
OAS dimulai
tahun 1960-an, ketika IBM mulai memasarkan komputernya kemudian OAS mulai
berkembang tahun 1970-an. OAS mencakup semua sistem komunikasi formal &
informal dari orang didalam maupun diluar perusahaan. Secara garis besar OAS
mencakup penggunaan :
- Komunikasi informasi
- Sistem elektronik (penggunaan komputer dan pelengkapnya)
- Penggunaan internet
- Information Reporting Systems
Information reporting systems (IRS) menyediakan informasi produk bagi manajerial end users untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan dari hari ke hari. Akses data IRS berisi informasi tentang operasi internal yang telah diproses sebelumnya oleh transaction processing systems. Informasi produk memberi gambaran dan laporan yang dapat dilengkapi (1) berdasarkan permintaan, (2) secara periodik, atau (3) ketika terjadi situasi pengecualian. Sebagai contoh, manajer penjualan dapat menerima laporan analisa penjualan setiap minggunya untuk mengevaluasi hasil penjualan produk.
- Decision Support Systems
sebagai “second opinion” atau “information source” yang dapat dipakai
sebagai bahan pertimbangan sebelum seorang manajer memutuskan kebijakan
tertentu. Pendekatan yang paling sering dilakukan dalam proses
perancangan sebuah DSS adalah dengan menggunakan teknik simulasi yang
interaktif, sehingga selain dapat menarik minat manajer untuk
menggunakannya, diharapkan system ini dapat merepresentasikan keadaaan
dunia nyata atau bisnis yang sebenarnya.
- Executive Information Systems
Executive Information System (EIS) adalah sistem computer-based yang membantu executive dalam mengakses data dan informasi untuk mengetahui suatu permasalahan, meneliti solusi yang akan diberikan, dan menunjukkan proses strategic planning.
DataYang Dibutuhkan Dalam EIS- Data terintegrasi dari berbagai database, student, finance, personnel, dibutuhkan untuk menganalisa dari berbagai sudut pandang.
- Kadang-kadang, executive membutuhkan data dari database on-line (ex. Kurs mata uang).
- Data lengkap yang berisi rangkuman data secara keseluruhan.
- Data eksternal (informasi umum).
- Record data sebelumnya.
EIS adalah inti dari Executive Support System (ESS). ESS dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
- Mental Modelling => Proses perancangan EIS, untuk mengidentifikasi faktor critical succes, data, informasi, dsb.
- EIS => Orang atau teknologi yang memberikan data kepada executive dan mengubahnya sebagai informasi.
- Office Automation Support => Semacam alat komunikasi executive dengan staff untuk berinteraksi dalam pengambilan keputusan.
3.Elemen penunjang SIM
a) Sistem Administrasi dan OperasionalSistem administrasi akan mengoprasikan prosedur-prosedur
yang lengkap dan teliti agar perubahan di perusahaan tersebut
terinci dengan baik
b) Sistem Pelaporan Manajemen
Laporan manajemen adalah laporan-laporan lengkap yang sudah
ditentukan oleh keputusan manajer melalui sistem untuk
perusahaan tersebut, sehing manajer akan lebih muda menyampaikan
keputusannya.
c) Sistem Database
Sistem database adalah tempat untuk menyimpan data dan informasi
melalui sistem agar berkembangnya perusahaan tersebut.Perusahaan
akan menjadi salah satu perusahaan yang berkembang dengan cepat.
d) Sistem Pencarian
Sistem pencarian berfungsi untuk mencari data atau informasi yang
dicari dalam bentuk tidak terstruktur, dengan begitu orang yang
mencarinya dapat mengetahui keputusan di dalam perusahaannya.
e) Manajemen Data
Sistem manajemen ini digunakan untuk sarana penghubung komponen-
komponen yang dapat dicari melalui database dengan masing-masing
informasi pada komponen, sehingga perusahaan dengan mudah
mencari data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar